Selasa, 22 Desember 2009

Kok Asin ?

Saya rasa hampir 90% warga dunia seneng bgt melihat laut. Termasuk saya, manusia yg ga ada bosannya main ke pantai hanya sekedar untuk menikmati indahnya deburan ombak atau sekedar narsis dengan background yg ga bisa ditemukan di tempat lain selain _ya iyalah_ di pantai. Tapi saya rasa ga semua orang yang suka dengan pemandangan laut pernah berfikir, mencari tahu atau sekedar bertanya, kenapa air laut asin? Termasuk saya _lagi_ baru kepikiran waktu dosen kimia anorganik II saya, Bpk Prof.AK.Prodjosantoso,Ph.D memunculkan pertanyaan itu di suatu kesempatan kuliah. Baru dehh ngerti setelah tanya - tanya teman2 yang kompeten dan baca blog teman2 yang udah punya jawabannya.

Well, ternyata air laut itu asin karena laut merupakan muara dari semua sungai - sungai yang mengalir di permukaan bumi ini. (Trus hubungannya apa sama rasa asin?) Nih ya, Inget kan, guru IPA waktu SD pernah ngajarin tentang sifat- sifat air. Salah satu diantaranya, air mengalir dari tempat tertinggi ke tempat yang lebih rendah. Nah, tempat paling rendahnya itu yang kita sebut laut. Air sungai - sungai yang mengalir menuju laut ini membawa banyak kation yang setelah sampai di laut nanti akan bereaksi dengan anion, spt khlor yang selanjutnya membentuk garam - garam yang rasanya _tau kan_ asin. Then, karena air laut terus mengalami penguapan oleh sinar matahari, maka perbandngan antara air laut dan garam - garamnya akan hampir selalu tetap diimbangi dengan air sungai yang senantiasa mengalir ke laut. Jadi, kalau dari sekian banyak air sungai yang mengandung banyak kation semuanya bermuara di laut, kebayang kan garam yang terbentuk sebanyak apa. So, walaupun air laut itu buanyaaakkk bgt, air laut akan tetep asin. Perbandingan antara kandungan garam dalam air laut dapat dianalogikan dengan saat kita menambahkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air tawar. FYI, air laut memiliki kadar garam 3,5%, yang berarti dalam tiap 1 liter air terdapat 35 gram garam.
Dari penjelasan di atas, dapat kita ambil jawaban juga kenapa air sungai ga asin? Karena garam - garam yang terkandung di dalam air sungai kan ga banyak, jadi ga asin.

0 komentar:

Posting Komentar